conceptnova

Helping you to bring your concepts and ideas to life.

WAYPOINT DAN TRACK SEBAGAI ACUAN DATABASE DAN GAMBAR

SERI SURVEY GPS:
WAYPOINT DAN TRACK SEBAGAI ACUAN DATABASE DAN GAMBAR
APLIKASI: SURVEY PENERANGAN JALAN UMUM

Menurut Agus Made K, waypoint merupakan titik koordinat GPS yang ditandai oleh GPS Device (kemudian disebut pesawat GPS) yang tersimpang dalam memorinya. Waypoint-waypoint ini merupakan sumber input data dari lapangan tergantung item inputan yang diisikan di dalamnya. Misalnya, waypoint nomor 1, merupakan titik awal suatu obyek survey yang bisa diinput dengan nama identitas, waypoint nomor 2 merupakan data inputan obyek survey urutan kedua, dan seterusnya. Sehingga jumlah waypoint yang disimpan di dalam pesawat GPS merupakan sumber data lapangan yang alamatnya adalah titik koordinat-titik koordinat yang tercatat dan tersimpan.


Titik koordinat yang ditandai (waypoint) ini kemudian menjadi dasar acuan lokasi obyek survey berdasarkan latitude (garis lintang), longitude (garis bujur), dan altitude (ketinggian dari permukaan laut). Karakter data bisa diisi dengan item yang telah dituangkan dalam formulir yang disepakati. Sebagai contoh survey penerangan jalan umum (PJU) dengan GPS dengan simbol-simbol sebagai berikut:


Waypoint 001 = diinput Nama Jalan: Jl. Jend. Sudiman, Ds Jatianyar, Kec. Jatijajar, UPJ JatiWaru

Waypoint 002 = diinput S R MER 125 W A O3 T GS124

Waypoint 003 = diinput S R

Waypoint 004 = diinput B R

Waypoint 005 = diinput PW TL 40 W A 06

Waypoint 006 = diinput B R CFL 25 W M 06

dan seterusnya

Dari data tersebut di atas dapat diterjemahkan menjadi uraian sebagai berikut di Jl. Jend. Sudirman yang terletak di Desa Jatianyar dan Kecamatan Jatijajar UPJ Jatiwaru terdapat titik-titik tiang PJU Merkuri 125 W (M 125 W) berstatus Abonemen (A) yang tertempel pada jaringan PLN TR (R), lampu tersebut menempel pada tiang besi PLN (S), panjang ornamen 3 m (O3), dan pada tiang tersebut terdapat trafo dengan No ID GS124 berada pada waypoint no 002, titik waypoint n0 003 tiang PLN besi yang terdapat jaringan SR tidak terdapat lampu, titik waypoint no 004 tiang beton (B) dengan jaringan SR (R) juga tidak terdapat lampu PJU, titik waypoint no 005 pada tiang swadaya warga (PW) terdapat lampu TL 40 W yang berstatus Abonemen (A) dengan panjang lengan stang 6 m (O6); dan terakhir titik waypoint 006 terdapat tiang beton (B) jaringan SR (R) terpasang lampu CFL 25 W status Meterisasi (M) dengan panjang stang ornamen 6 m (O6).

Bila diinput ke dalam datasheet Excel akan berbentuk sebagai berikut:

Buat Sheet yang berisi: No Urut, Waypoint, Latitude, ID Jalan/Desa, ID Kec., ID UPJ, Jenis Lampu: Pjr, CFL, TL, ML, Mer, SOD, X, Daya, Status Lampu, Jenis Armatur, Kondisi Lampu, Panjang Orn., dst

Pengisian diurutkan sesuai dengan urutan waypoint. Semua waypoint dicopy dari file GPS (MapSource misalnya) dan dipaste ke kolom waypoint yang ada di sheet excel, demikian pula latitude dicopy dari latitude yang ada di file GPS (MapSource) ke kolom latitude yang ada di sheet Excel, Nama jalan/desa diketik Jatianyar, Kecamatan diketik Jatijajar, dan Kolom UPJ diketik Jatiwaru, Jenis lampu dipilih sesuai data (bila kosong, kolom jenis dan daya lampu dibiarkan) bila dilihat dari data di atas:

Kolom ID Jalan/Desa, Kolom Kecamatan, dan Kolom UPJ ditulis secara kontinyu sampai ada informasi waypoint nama Jalan Baru.

Waypoint 002 adalah Merkuri (kolom Mer diinput angka 1), kolom daya diinput angka 125, kolom Status Lampu diisi dengan huruf "A", kolom Jenis Armatur diisi dengan "Caping", dan seterusnya.

Waypoint no 003 dan 004 kosong, waypoint no 005 diisi angka 1 pada kolom TL dan kolom Daya diisi dengan angka 40, kolom Status diisi dengan huruf "A", kolom Jenis Armatur diisi "Kap TL" dan seterusnya.

Waypoint no 006 pada kolom CFL diisi dengan angka 1, Kolom Daya diisi dengan angka 25, kolom Status diisi huruf "M", kolom Jenis Armatur diisi "Caping", dan seterusnya.

Demikian informasi ini ditulis untuk dapat dipergunakan sebagai bahan referensi survey GPS terutama di dalam survey PJU, umumnya di dalam survey pemataan, demografi, dan lain-lain.

0 komentar:

Poskan Komentar