conceptnova

Helping you to bring your concepts and ideas to life.

AKTIVITAS VS AKTIFITAS

PENULISAN BAHASA SERAPAN AKTIVITAS





Maaf agak "nlyeneh" atau "geser" sedikit dari tema PJU.


Sebenarnya apa yang dipedulikan terhadap kata "Aktivitas" dan "Aktifitas". Kalau kita membaca koran, majalah, ulasan, blog, atau bahkan karya ilmiah yang memuat tentang kata "Aktivitas" ditulis "Aktifitas" menjadi berdebatan panjang, karena terdapat kata "Aktif". Saya pernah berdebat dengan beberapa kolega yang menganut aliran "Aktifitas" dengan tanpa hasil. Nah tulisan singkat ini, saya hanya ingin membuktikan siapa yang benar apakah "Aktivitas" atau "Aktifitas". Tugas ini mestinya sudah dilakukan oleh Dinas atau Departemen Pendidikan khususnya yang menggeluti pengembangan Bahasa Indonesia. Namun tidak salah, saya juga ingin andil, karena masih banyak yang menganut aliran "Aktifitas".



Yuk kita mulai membahasnya:

Bahasa Indonesia hampir banyak menyerap bahasa asing dan daerah menjadi Bahasa Indonesia, terutama Bahasa Inggris. Demikian pula kata "Aktivitas". Berikut kita urai biar tidak "kebablasan".



Teorinya:

TEORI 1:
Kalau belum berubah (pelajaran SD-SMU) mengajarkan bahwa semua kata yang berasal dari bahasa asing (Bahasa Inggris) "ive" menjadi "if". Contoh: "Active" dari Bahasa Inggris, diserap oleh Bahasa Indonesia menjadi "Aktif". Rata-rata akhiran "ive" ini merupakan kata sifat. Contoh lain:



Asal kata (Kata Sifat): Relative menjadi Relatif; Objective menjadi Objektif; Productive menjadi Produktif.

TEORI 2:

Teori Serapan kata benda dari bahasa asing (Bahasa Inggris) "TY" menjadi "TAS". Contoh:
Asal kata (Kata Benda): Relativity menjadi Relativitas; Objectivity menjadi Obyektivitas; Productivity menjadi Produktivitas, "University" menjadi Universitas.


Nah kita menguji "ACTIVITY"


Teori 1: Kata Sifatnya "Ativity" adalah "Active", maka Penulisannya ke dalam Bahasa Indonesia menjadi "Aktif".
Sementara Teori 2: Kata Bendanya "ACTIVE" adalah "ACTIVITY", maka bila ada akhiran "ty" menjadi "tas", maka dari Activity menjadi Aktivitas.

Dengan demikian, Kata sifat "ACTIVE" (Bahasa Inggris) = AKTIF (Bahasa Indonesia)
Kata benda "ACITIVITY" (Bahasa Inggris) = AKTIVITAS (Bahasa Indonesia)
Sehingga tulisan kata AKTIFITAS salah karena menggabungkan teori 1 dan 2 menjadi tumpang tindih (overlap).

Semoga tulisan ini bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar